Harga Pinang Kering Super Hasil Olahan

Harga Pinang Kering Super Hasil Olahan

Buah jambe olahan atau sering diberi istilah pinang kering olahan, kini mengalami penurunan harga yang cukup tajam karena berbagai faktor. Penyebab menurunnya harga pinang kering olahan tersebut berawal dari naiknya nilai tukar dolar terhadap rupiah beberapa waktu yang lalu, ditambah cuaca yang cukup buruk semenjak beberapa bulan terakhir. Saat ini pinang kering yang paling banyak diminati adalah pinang iris kering dan pinang belah dua.

Pengolahan buah jambe agar menghasilkan pinang kering super sangat dipengaruhi cuaca. Curah hujan yang terus menerus menyebabkan proses pengeringan irisan pinang ini menjadi terganggu, akibatnya pinang terus menerus lembab dan membuat kualitas menjadi menurun.
Info harga pinang kering dari pengamatan pasar harga hari ini, pinang kering dalam satu kilo dipasarkan dengan bandrol Rp. 4000, yang sebelumnya pernah mencapai harga Rp 7000/Kg.
Selain pinang kering olahan, pinang yang masih basah pun bernasib sama, jika sebelumnya dihargai Rp 4000 sampai Rp 4.500/Kg, namun kini harga jual pinang basah total (BST) hanya Rp. 1.800 sampai Rp 2.000/Kg.

Petani semakin diberatkan dengan cuaca memasuki musim penghujan, karena cuaca seperti ini, petani pinang akan sulit menjemur hasil panen. "Kalau sekarang kita terperosok. Mau jual kering cuaca tidak memungkinkan, dipaksa jual basah harga cuma Rp 2.000 (per kilogram), bahkan kalau barang banyak bisa turun.
Demikian info harga pinang kering olahan bersumber dari petani pengolah pinang dari Jawa Barat. Selain itu jika anda mencari harga kulit manggis kering dapat ditemui di situs harga ini.

Komoditas hasil bumi lainnya berasal dari nusantara yang dapat dinikmati dan dikonsumsi setiap saat berupa minuman dapat dilihat pada info harga biji kopi serbuk pilihan super yang sudah diolah oleh ahli dengan alat terbaru.
Harga Pinang Kering Super Hasil Olahan...

Artikel Terkait
share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Sri Mayanti, Published at 23:34